Cara Efektif Menghilangkan Rasa Mual
Cara Efektif Menghilangkan Rasa Mual

Mual adalah kondisi rasa tidak nyaman pada bagian perut bagian atas yang disertai dengan dorongan untuk muntah namun mual juga belum tentu mengeluarkan sesuatu dalam perut. Mual membuat penderita merasa gelisah dan rasa tidak nyaman.

Meskipun tidak menyakitkan, jika dibiarkan terlalu lama mual dapat membuat tubuh merasa lemas dan kehilangan energi. Rasa mual juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian dada, perut bagian atas, dan dibelakang tenggorokan. Sebenarnya rasa mual berpusat di otak yang kemudian direspon dengan muntah oleh tubuh. Hanya saja terjadi banyak rangsangan yang menyebabkan mual, sehingga tidak mudah menentukan penyebab mual yang berkepanjangan.

Biasanya mual yang disertai dengan muntah bisa diakibatkan karena ada hal-hal yang bersifat psikologis dan fisik. Mual juga dapat disebabkan oleh masalah diotak atau pada saluran pencernaan atas seperti pada kerongkongan, lambung, usus kecil, pankreas, dan kantung empedu. Selain organ sistem pencernaan, mual juga bisa diindikasikan adanya penyakit dalam tubuh.

Namun, mual juga disebakan karena penyebab lain seperti terlalu banyak makan, banyak mengkonsumsi minuman keras, atau reaksi terhadap aroma dan bau tertentu. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa mual.

Cara Menghilangkan Rasa Mual

1Mengubah Cara Makan

Mengubah porsi makan tiga kali sehari dalam porsi besar menjadi asupan makanan ke bagian kecil untuk beberapa beberapa kali sepanjang hari dan makan secara perlahan lebih baik untuk dilakukan. Karena makan yang berlebihan juga akan membuat perut terasa penuh sehingga muncul rasa mual yang membuat tidak nyaman. Mengkonsumsi makanan dingin lebih baik dilakukan dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan saat masih panas. Karena makanan panas dapat memprovokasi mual ke beberapa orang.

2Minum Air

cara selanjutnya untuk mengatasi mual adalah dengan memberikan asupan cairan bening selama 24 jam pertama. Cairan yang diberikan berupa air putih, kaldu bening, minuman berolahraga, es mambo atau jeli. Pemberian cairan in bertujuan untuk menghindari dehidrasi pada tubuh. Penting juga untuk mengistirahatkan perut selama proses pemberian cairan. Yang perlu diperhatikan adalah agar tidak memberikan asupan cairan terlalu banyak dalam satu waktu karena menyebabkan perut mengalami peregangan yang membuat mual menjadi memburuk.

3Minuman Jahe

Jahe dapat membantu mendorong sekresi berbagai cairan pencernaan yang menetralkan asam lambung. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan fenol yang bersifat mengendurkan otot lambung dan menenangkan jaringan lambung yang teriritasi. Konsumsi air rebusan jahe untuk mengatasi bau mual.

4Gunakan Aromaterapy minyak peppermint

Alternatif lain untuk mengatasi mual adalah dengan menggunakan aromaterapy minyak peppermint.

5Akupunktur atau Akupresur

Akupuntur adalah teknik pengobatan dengan merangsang titik-titik tubuh dengan memasukan jaruk kecil-kecil.Sedangkan akupresur dilakukan dengan menggunakan tekanan dan tidak menggunakan tususkan jarum. Kedua teknik pengobatan tersebut berguna untuk merangsang serabut saraf yang mengirimkan sinyak ke otak dan sumsum tulang belakang. Sinyal tersebut yang diperkirakan memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa mual.

6Irisan Lemon

Menghirup irisan lemon dinilai cukup efektif untuk membantu menghilangkan rasa mual. Selain dengan lemon, anda juga dapat menggunakan minyak esensial lemon untuk dibawa bepergian karena lebih praktis.

7Mengkontrol Pernapasan

Cara mengatasi mual dan menghilangkan mual selanjutnya adalah dengan mengambil napas yang dalam secara perlahan. Caranya dnegan bernafas dengan perlahan melalui hidung kemudian menghembuskan napas melalui mulut sebanyak tiga kali, sembari menghirup aroma yang telah disediakan.

8Bumbu Rempah-rempah

Selain untuk bumbu masakan, bumbu rempah juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual.

9Relaksasi Otot

Melakukan relaksasi otot juga dapat anda jadikan sebagai alternatif untuk mengatasi mual. Teknik ini dilakukan oleh seseorang dan diharuskan menegangkan lalu mengendurkan ototnya secara bergantian dan terus menerus sehingga mencapai relaksasi fisik dan mental.

10Hindari Makan Pedas dan tinggi lemak

Utamakan untuk mengkonsumsi menu diet yang terdiri dari nasi, pisang, saus apel, dan kentang panggang untuk membantu mengatasi rasa mual. Hindari mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan tinggi lemak.

11Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein lebih efektif untuk menghilangkan dan melawan rasa mual dibandingkan dengan makanan berlemak tinggi atau karbohidrat tinggi.

12Hindari berbaring setelah makan

Sebaiknya duduk terlebih dahulu untuk beberapa saat setelah makan agar tidak membebani sistem pencernaan. Hindari langsung berbaring setelah makan karena dapat menyebabkan refluks atau mual.

13Hindari Dehidrasi

Kekurangan asupan cairan dapat memperparah rasa mual. Cukupi tubuh dengan asupan air mineral, atau minuman isotonik untuk menghindari tubuh dehidrasi.

14Hindari Bau Tajam

Sesuatu hal baik makanan, benda atau lainnya yang berbau tajam dapat memperburuk kondisi mual, untuk itu sebaiknya hindari dari lingkungan berbau tajam untuk membantu menghilangkan rasa mual.

15Melakukan Aerobik

Melakukan latihan aerobik bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa mual.

16Buah Jeruk

Buah jeruk juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual, hal ini karena adanya kandungan antioksidan dari vitamin C pada buah jeruk serta aroma buah jeruk yang lebih dominan sedikit asam manis.

17Buah Apel

Apel tinggi kandungan air dan serat yang bermanfaat juga untuk membantu mengatasi rasa mual.

18Buah Pisang

Mengkonsumsi buah pisang dapat dijadikan salah satu solusi untuk menghilangkan rasa mual. Selain itu buah pisang juga dapat menambah energi saat tubuh merasa mual.

19Daun Mint

Selain baik untuk kesehatan pencernaan daun mint juga dapat membantu menghilangkan rasa mual. Cara menghilangkan mual dengan daun mint adalah dengan mengunyah secara langsung.

Itulah penjelasan tentang Cara Efektif Menghilangkan Rasa Mual Sendiri Secara Alami dan Tuntas . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini