Perawatan Rambut Setelah Smoothing
Perawatan Rambut Setelah Smoothing

Rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita. Banyak orang yang akan mengupayakan segala hal untuk mendapatkan rambut sesuai dengan apa yang mereka idamkan. Berbagai cara seperti rebonding, smooting, pewarnaan, creambath, dan seabrek kegiatan salon lainnya. Namun tidak jarang berbagai cara ini bisa menimbulkan bermacam masalah pada rambut seperti rambut rontok, kering, ketombean, bercabang, dan lain-lain. Rambut juga memerlukan perawatan agar selalu sehat dan terlihat indah.

Tips Mudah Cara Merawat Rambut Kering

Berikut ini 6 cara yang bisa Anda lakukan mengatasi rambut kering yang efektif :

1Membersihkan rambut

Lakukan keramas setidaknya dua hari sekali. Ini sangat dibutuhkan karena ketika kita beraktivitas, maka akan keluar keringat dan minyak di tubuh kita. Apalagi bagi Anda yang bekerja di luar ruangan, akan banyak polusi yang menempel pada rambut. Pilihlah produk shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda agar tidak terjadi masalah pada rambut ladi nantinya. Jika Anda memiliki jenis rambut yang kering, maka gunakan produk untuk rambut kering karena produk ini akan membantu melembabkan rambut Anda. Sedangkan untuk rambut berminyak, maka akan mengurangi minyak yang berlebihan pada rambut Anda.

2Jangan menggosok rambut

Setelah Anda selesai keramas, jangan mengeringkan rambut Anda dengan cara menggosoknya, ketika Anda menggosok rambut, hal ini akan membuat rambut Anda rusak pada bagian luarnya dan membuat rambut anda lama kelamaan menjadi keriting. Lebih baik Anda meremas rambut dengan handuk.

3Kondisioner

Cara yang lain merawat rambut kering yaitu dengan menggunakan kondisioner. Saya cenderung menyukai kondisioner yang harus dibilas setelah menggunakannya. Pilihan ini tergantung dari Anda merasa nyaman yang dibilas atau tidak. Penggunaan kondisioner ini berguna untuk merawat rambut agar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, ini juga bisa melembabkan rambut sehingga rambut tidak kering dan gampang diatur.

4Minyak zaitun

Cara merawat rambut kering selanjutnya yaitu menggunakan minyak zaitun. Cara menggunakannya yaitu gunakan minyak zaitun pada rambut basah sebelum keramas, kenudian biarkan selama kurang lebih lima menit. Keramas dengan shampoo seperti biasa.

5Jangan menggunakan hairdryer

Untuk Anda yang memiliki rambut kering, usahakan jangan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut Anda. Hairdryer akan membuat rambut Anda tambah kering. Jika Anda ingin mengeringkan rambut gunakan cara mengipasi atau diangin-anginkan.

6Gunakan mayones

Mayones sangat cocok sebagai salah satu cara mengatasi rambut kering karena berfungsi untuk meningkatkan minyak alami pada rambut. Mayones juga berfungsi untuk melembutkan rambut. Lakukan cara ini setelah keramas dan rambut sudah kering, oleskan satu sendok makan mayones dan bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas atau bisa juga shower cap. Biarkan mayones selama 15-20 menit agar meresap. Setelah itu bilas kembali rambut dengan shampoo herbal atau shampoo bayi.

Demikian enam tips cara merawat rambut kering yang bisa anda coba dirumah.

Hai kak… Perkenalkan saya Bella Sungkawa, salah satu kontributor di Blog Mata Wanita. Suka banget membaca, traveling dan membantu sesama 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini