Menghilangkan Kutu Anjing
Menghilangkan Kutu Anjing

Kutu anjing merupakan sebuah musibah bagi kita pemilik anjing. Berbagai cara akan kita coba untuk menghilangkan kutu anjing. Tapi kadang biaya yang sangat mahal hingga ratusan ribu rupiah menjadi kendala. Buat orang kayah sih biaya bukanlah sebuah kendala. Tapi bagi kita yang bermodal pas-pasan yang pengen juga melihara anjing, ras, tentunya berbeda.

Setelah sekian lama frustasi dengan kutu anjing yang tidak hilang-hilang, ditambah lagi kadang juga nempel kutu babi. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba saran dari seorang teman yang prihatin melihat anjing saya yang bertabur kutu.

Advertisement

“Coba pakai kapur ajaib” kata teman saya di suatu sore. Akhirnya keesokan harinya saya cek toko-toko sekitar,  cukup susah mencarinya tapi beruntung dapatlah sisa sekotak kapur ajaib dengan isinya 2 batang kapur. Biaya yang dikelurkan cukup murah, kurang dari 5.000 rupiah.

Berikut alat-alat tempur yang diperlukan untuk menginvasi kutu anjing:

  1. Kapur ajaib (wajib)
  2. Sisir
  3. Shampoo *tiiittt* buat pelembut bulu dan biar wangi, maaf saya ga bisa nyebut merk, karena ga disponsori, hehe.
  4. Air buat mandiin (wajib)

Berikut cara-caranya:

Pertama, ubah kapur menjadi serbuk. Cukup gunakan setengah potong untuk anjing seukuran peking dengan kutunya yang banyak. Bisa ditumbuk atau gunakan kuku/alat disekitar kita untuk merubahnya menjadi serbuk. Lalu taburkan di area para kutu ngumpul. Jangan ditabur di area mata dan hidung. Dan usahakan anjing anda jangan sampai menjilatnya, karena saya sendiri ga tau efeknya gimana kalau sampai banyak terjilat. Tapi sejauh ini aman bagi anjing peking saya, meskipun kedapatan 1 kali menjilat saat baru ditaburi kapur.

Kedua, awasi terus anjing anda selama 30-60 menit kedepan. Efeknya cukup cepat, kurang dari 30 menit biasanya akan banyak kutu-kutu yang teler. Ambil sisir untuk memisahkan kutu-kutu yang sudah tewas. Taburi lagi serbuk kapur ajaib jika masih banyak kutu yang berlarian.

Terakhir, setelah dirasa cukup. Siapkanlah air dan tentu saja shampoo biar wangi, untuk memandikan anjing kita.

Tarraaaaa, setelah selesai dimandiin, sekarang anjing akan terbebas dari kutu. Biasanya sisa-sisa kutu bakal tewas juga beberapa jam setelah selesai dimandikan. Semoga tips ini berguna, minimal bisa mengurangi jumlah kutu dan meringankan anjing kita dari stress karena kutu yang kebanyakan.

Selamat mecoba, semoga berhasil.

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini