Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua sahabat setia matawanita.com, kali ini matawanita.com akan berbagi jawaban atas pertanyaan: Pembahasan tentang cuplikan yang berkategori teks eksplanasi. Buat pembaca yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita simak pembahasannya. Disini ada pilihan jawaban mengenai pertanyaan itu. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

1. Bacalah cuplikan-cuplikan teks di bawah ini!

Advertisement

2. Tentukanlah cuplikan yang berkategori teks eksplanasi bersama temanmu!

3. Jelaskan pula alasan-alasannya

a. Ketika liburan, aku tidak bepergian jauh, misalnya dengan berwisata ataupun berkunjung ke rumah saudara yang ada di desa. Aku tidak senang bepergian ke tempat yang terlalu jauh. Bepergian jauh itu buang-buang waktu dan tenaga saja. Karena itu, aku hanya berjalan-jalan ke toko untuk berbelanja ataupun bermain ke rumah teman yang masih satu kompleks

b. Di alam karbon dioksida mengalami siklus yang dikenal dengan siklus karbon. Siklus karbon dimulai dengan dilepaskannya CO, oleh berbagai macam sumber seperti pengilangan minyak bumi, asap pabrik dan kendaraan bermotor, peristiwa alam seperti gunung meletus, organisme di laut, aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan. Hanya sebagian dari CO, yang dilepas ke udara ini dapat diserap oleh hutan, tanah, dan laut.

c Persediaan darah di PMI selalu kurang. Pasien-pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan, dioperasi, atau karena penyakit berat lainnya. Lebih-lebih pada daerah yang mengalami bencana besar diperlukan persediaan darah yang banyak. Sementara itu, lebih banyak orang yang perlu darah dibanding yang menyumbang. Orang yang memerlukan darah juga harus dipastikan menerima darah yang baik karena terkadangditemukan juga darah yang tak bisa dipakai​

Jawaban

Penjelasan:

Teks di atas lebih cocok masuk ke dalam jenis teks narasi karena berisi cerita pribadi.

Sedangkan teks eksplanasi berupa penjelasan yang tentang suatu hal/peristiwa dengan sebab-akibatnya yang akurat dan penjelasan penjelasan berupa fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

Teks di atas juga tidak sesuai dengan struktur teks eksplanasi, yaitu:

1. Pernyataan umum: yaitu penjelasan secara umum mengenai topik yang akan dibahas

2. Urutan sebab dan akibat: yaitu uraian tentang apa yang telah terjadi atau peristiwa yang telah terjadi

3. Interpretasi: yaitu suatu paragraf yang berisikan mengenai kesimpulan apa yang terjadi, mengapa bisa terjadi atau bagaimana mengatasinya.

Nah itu dia jawaban atas pertanyaan: cuplikan yang berkategori teks eksplanasi. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog kami di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab mengenai cuplikan-cuplikan teks diatas , semoga dengan pembahasan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini