Beranda Tanya Jawab Bahasa Indonesia Jawaban Jelaskan langkah-langkah mengubah hikayat menjadi cerpen!

Jawaban Jelaskan langkah-langkah mengubah hikayat menjadi cerpen!

0
849
Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua pembaca matawanita.com, kali ini halaman ini akan mencoba merangkum jawaban dari pertanyaan: Jelaskan langkah-langkah mengubah hikayat menjadi cerpen!. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya silahkan lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama simak rangkumannya. Di artikel ini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban mengenai pertanyaan itu. Silakan menelusuri lebih lanjut.

Dalam menulis cerpen, kita perlu menyajikan beberapa unsur penting yaitu:

  1. tema,
  2. konflik,
  3. tokoh,
  4. latar,
  5. alur,
  6. dan sudut pandang.

Jadi, mengembangkan tema adalah langkah dasar yang perlu dikuasai, penyajian rangkaian peristiwa, dan konflik antar tokoh yang dibuat semenarik mungkin. Sebuah cerita pendek bisa mengambil inspirasi dari kejadian yang terjadi di sekitar kit. Hanya dengan duduk di taman atau merenung di kamar, kamu juga bisa menemukan ide untuk cerpen.

  • 1. Meringkas atau membuat sinopsis sebuah penggalan hikayat.
  • 2. Mendaftar konflik-konflik antar tokoh dalam penggalan hikayat tersebut.
  • 3. Memilih konflik yang menarik ( mengesankan ) berdasarkan data konflik yang sudah dirumuskan.
  • 4. Mengembangkan pilihan konflik tersebut menjadi cerita pedek.

Penjelasan:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu membaca dan memahami sebuah hikayat yang akan di ubah kedalam bentuk cerpen. setelah itu, perlu dibuat sinopsis penggalan hikayat yang telah dibaca tersebut.
  • Di dalam tokoh sinopsis hikayat tersebut, perlu diperhatikan dan dicatat konflik-konflik yang terjadi antar tokoh di dalamnya. konflik itu perlu ditulis secara cermat karena pada saat menulis cerpen, hanya ada satu konflik yang akan ditonjolkan.
  • Setelah konflik-konflik yang terdapat didalam hikayat tersebut dikumpulkan, pilihlah sebuah konflik yang dianggap menarik dan dapat dikembangkan menjadi sebuah cerpen.
  • Setelah memilih sebuah konflik yang akan ditonjolkan, konflik dapay dikembangkan menjadi sebuah cerpen. Gaya bahasa yang digunakan dalam menulis cerpen pun dapat disesuaikan yakni meninggalkan gaya bahasa arkais atau kuno. Selain gaya bahasa, unsur yang perlu juga diperhatikan dalam mengonversi teks cerita hikayat menjadi teks cerpen, yakni alur dan sudut pandang. Alur datar dalam teks cerita hikayat dapat diubah menjadi alur maju atau alur undur dalam cerpen. sudut pandang orang ketiga dalam teks cerita hikayat dapat diubah menjadi sudut pandang orang pertama dalam cerpen.

Nah itu dia jawaban atas pertanyaan: Jelaskan langkah-langkah mengubah hikayat menjadi cerpen!. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog kami di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Jelaskan langkah-langkah mengubah hikayat menjadi cerpen!, semoga dengan jawaban dapat membantu menyelesaikan masalah kamu.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini