Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua pembaca Matawanita, pada kesempatan ini admin akan membahas jawaban atas pertanyaan: Siapa yang menanggapi Novel Student Hidjo. Buat sobat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita lihat rangkumannya. Di halaman ini ada beberapa alternatif jawaban tentang pertanyaan ini. Silakan menelaah lebih lanjut.

Pertanyaan

Siapa yang menanggapi Novel Student Hidjo

Advertisement

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Siapa yang menanggapi Novel Student Hidjo

Jawaban:

Penjelasan:

Student Hidjo (EYD: Student Hijo) adalah novel tahun 1918 karya Marco Kartodikromo. Novel ini awalnya diterbitkan dalam bentuk serial di Sinar Hindia, kemudian diterbitkan lagi dalam bentuk buku oleh Masman & Stroink pada tahun 1919.

Student Hidjo ditulis ketika Kartodikromo dipenjara. Novel ini menceritakan kisah Hidjo, seorang pelajar Jawa yang dikirim ke Belanda untuk menuntut ilmu dan jatuh cinta dengan seorang perempuan Belanda. Alur lain yang paralel terhadap cerita utamanya menceritakan kisah asmara administrator Belanda, Willem Walter. Ditulis dalam bahasa Melayu, novel ini merupakan salah satu karya penulis Jawa yang ikut memopulerkan kata “saya” sebagai kata tunjuk pribadi orang pertama.

Novel ini menggambarkan budaya pemuda baru Indonesia yang mengadopsi budaya dan bahasa Barat. Elemen tersebut dianggap Kartodikromo sebagai simile tambahan. Nilai-nilai budaya Jawa tradisional dan budaya Belanda diperbandingkan dan Kartodikromo berpendapat bahwa keduanya tidak bisa saling melengkapi. Nilai tersebut meliputi cinta yang digambarkan di novel ini sebagai sesuatu yang hanya bisa ditemukan oleh orang-orang berpendidikan Belanda, sedangkan orang tradisional melihat pernikahan sebagai jalan mencapai mobilitas sosial.

Semoga membantu dan bermanfaat

Nah itu dia pembahasan dari pertanyaan: Siapa yang menanggapi Novel Student Hidjo. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog kami di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab tentang Siapa yang menanggapi Novel Student Hidjo, semoga dengan rangkuman pembahasan bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini