Matawanita.com
Matawanita.com

Hai semua pembaca matawanita.com, pada kesempatan ini admin akan mencoba merangkum jawaban atas pertanyaan: Suatu unsur mempunyai massa atom relatif 40 dan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2. pernyataan yang sal…. Buat sobat yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh melihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama lihat rangkumannya. Di halaman ini ada beberapa pilihan jawaban mengenai pertanyaan itu. Silakan menelusuri lebih jauh.

Pertanyaan

Suatu unsur mempunyai massa atom relatif 40 dan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2. pernyataan yang salah mengenai unsur tersebut adalah…​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Suatu unsur mempunyai massa atom relatif 40 dan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2. pernyataan yang salah mengenai unsur tersebut adalah…​

Jawaban:

Berdasarkan konfigurasi dan nomor massa yang diketahui didapatkan data sebagai berikut:

  • Jumlah elektron = 20.
  • Jumlah proton = 20.
  • Nomor atom = 20.
  • Jumlah neutron = 20.

Jumlah elektron dapat ditentukan dari data konfigurasi elektron. Pada atom netral jumlah proton sama dengan jumlah elektronnya.

Penjelasan:

Pada soal diketahui data konfigurasi elektron dan massa atom relatif suatu unsur yaitu:

  • Massa atom relatif (A) = 40.
  • Konfigurasi elektron = 2 8 8 2.

Adapun yang ditanyakan adalah pernyataan yang salah.

Soal yang diberikan tidak lengkap dan tidak menyertakan pilihan pernyataan yang dimaksud. Namun, berdasarkan data yang diketahui dimungkinkan bahwa pernyataan yang ada terkait dengan nomor atom, serta jumlah proton, elektron dan neutron. Berikut beberapa pilihan data yang sesuai dengan data yang diketahui.  

  • Jumlah elektron dapat ditentukan dengan cara menjumlahkan angka konfigurasi elektronnya yaitu 2 + 8 + 8 + 2 = 20. Jadi jumlah elektronnya adalah 20.
  • Jumlah proton dapat ditentukan dari jumlah elektronnya. Pada atom netral jumlah proton sama dengan jumlah elektron, sehingga jumlah protonnya adalah 20 juga.
  • Nomor atom dapat ditentukan dari jumlah proton. Nomor atom mewakili jumlah proton, sehingga nomor atomnya adalah 20.
  • Jumlah neutron dapat ditentukan dengan cara mengurangkan massa atom yang diketahui dengan jumlah elektron yaitu 40 – 20 = 20.

Pelajari lebih lanjut materi tentang jumlah partikel subatomik pada https://brainly.co.id/tugas/26954225.

#BelajarBersamaBrainly

Jawaban

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Suatu unsur mempunyai massa atom relatif 40 dan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2. pernyataan yang salah mengenai unsur tersebut adalah…​

Jawaban:

3

Penjelasan:

1. A= 40 Konfigurasi elektron= 2.8.8.2 (Z=20)

Pernyataan yang salah adalah:

a. Jumlah neutronnya adalah 20 N=A-Z = 40-20 = 20✓

b. Jumlah proton adalah 20 Z= 20✓

c. Jumlah elektron adalah 20 Z=20✓

d. Nomor atom nya 40 Z=20 x

e. Jumlah valensi elektron adalah 20✓

maka yg salah adalah d. Nomor atom nya 40

2. A= 27, N=14, Nomor atom= A-N = 27-14 = 13

Konfigurasi elektron nya= 2.8.3

berarti elektron valensinya = 3

Jadi jawabannya 3

Nah itu dia jawaban atas pertanyaan: Suatu unsur mempunyai massa atom relatif 40 dan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2. pernyataan yang sal…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai Suatu unsur mempunyai massa atom relatif 40 dan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2. pernyataan yang sal…, semoga dengan kumpulan jawaban ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini