Beranda Tanya Jawab Bahasa Indonesia Pembahasan tentang Pengembangan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

Pembahasan tentang Pengembangan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

0
Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sobat matawanita.com, kali ini blog Matawanita akan mencoba merangkum jawaban atas pertanyaan: kembangan ide pokok menjadi sebuah paragraf. Buat pembaca yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya silahkan lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Yuk kita simak pembahasannya. Di artikel ini ada beberapa alternatif jawaban mengenai pertanyaan yang satu ini. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Kembangan ide pokok di bawah ini menjadi sebuah paragraf?

  1. Budaya Gotong Royong
  2. Penyebab kerusakan jalan
  3. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan
  4. Gangguan pada tulang manusia
  5. manfaat pupuk organik

Jawaban

  1. Gotong royong merupakan bentuk kepedulian atau keprihatinan seseorang terhadap orang lain, sehingga ia rela memberikan waktu, tenaga atau pikirannya untuk orang lain.Budaya inilah yang masih dipegang oleh masyarakat di Indonesia pada umumnya.
  2. Banyak jalan yang dilewati kendaraan kendaraan bermotor mulai rusak berat. Lubang-lubang yang cukup besar ada dimana-mana aspal aspal mulai rusak. Karena tidak dirawat hujan dan banjir menambah rusaknya Jalan beban yang berlebihan yang diangkat truk dan bis ikut mempercepat rusaknya Jalan
  3. Indonesia merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara. Sebagai sebuah negara kepulauan, Indonesia dianugerahi dengan wilayah laut yang luas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena pergerakan masyarakat tergantung pada moda transportasi laut dan udara.

    Penjelasan:

    Ide pokok adalah ide yang mendasari seluruh isi dari sebuah teks atau paragraf. Pada paragraf, ide pokok terletak baik di awal maupun akhir paragraf. Adapun kalimat yang memuat ide pokok disebut sebagai kaliamt utama.

  4. Kalimat pengembang adalah kalimat yang menjelaskan lebih lanjut kalimat topik (ide pokok) dalam mengembangkan paragraf. Contoh kalimat topik dan kalimat pengembang: Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial.

    Berikut ini contoh kalimat pengembang berdasarkan ide-ide pokok yang telah disebutkan diatas :

    1. Organ Gerak Terdiri Atas Dua Macam

    Organ gerak pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu tulang dan otot. Kedua alat gerak ini akan bekerjasama dalam melakukan pergerakan.

    2. Organ Gerak Banyak Sekali Fungsinya

    Organ gerak banyak sekali fungsinya yakni untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

    3. Organ Gerak Banyak Sekali Fungsinya

    Manusia tidak dapat bergerak karena tidak ada yang membantu untuk berjalan atau bergerak. Manusia bergerak dengan bantuan tulang, dan otot. Tanpa tulang manusia tidak dapat berdiri tegak dan tidak ada yang melindungi organ-organ penting. Tanpa otot manusia juga tidak bisa bergerak karena tanpa otot, tulang akan menjadi sangat rapuh. Semua organ gerak sangat penting untuk kehidupan kita.

  5. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Pupuk tersebut dapat berasal dari kotoran hewan. Selain itu, kotoran manusia dapat dibuat untuk pupuk jenis ini. Ada pula pupuk organik yang berasal dari sisa tumbuhan misalnya tanaman orok-orok.

    Ide pokok bacaan di atas adalah … .

    1. pupuk dari kotoran hewan
    2. sisa-sisa makhluk hidup
    3. pengertian pupuk organik
    4. kotoran manusia dapat dijadikan pupuk

Demikian jawaban dari pertanyaan:Pembahasan tentang Pengembangan ide pokok menjadi sebuah paragraf. . Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab mengenai soal-soal yang berpotensi masuk ujian Nasional, semoga dengan postingan ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version