Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya

Mimisan atau biasa disebut dengan epistaksis yaitu keluarnya darah dari lubang hidung secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.

Menurut para ahli kesehatan, Pendarahan tersebut terjadi karena luka atau trauma pada lapisan mukosa hidung yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Advertisement

Mimisan baru bisa dikatakan berbahaya apabila disebabkan karena penyakit yang cukup serius. Misalnya, seperti demam berdarah, namun jika dikarenakan infeksi di bagian hidung maka ini merupakan mimisan ringan dan tidak terlalu berbahaya.  Anak-anak yang mengalami mimisan pada umumnya merupakan mimisan yang tergolong ringan dan tidak berbahaya, namun perlu diperhatikan juga selama si anak tidak mengalami gejala demam dan kondisi tubuh masih sehat, gejala ini masih dalam tahap yang wajar.

Penyebab Terjadinya Mimisan Pada Seseorang

Cuaca Panas

Pada saat cuaca di sekitar kita panas, maka kelembabanpun berkurang maka terjadilah bagian setrum mengering. Dan pada kondisi tersebut iritasi terjadi dan pendarahan keluar.

Tumor

Mimisan juga dapat terjadi jika seseorang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.

Saat Demam Berdarah

Dalam keadaan infeksi sistemik seperti demam berdarah anak juga dapat mengalami mimisan, biasanya ini pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif. Pada keadaan demam berdarah mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan karena sebab lain.

Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Mimisan karena demam berdarah sangat berbahaya karena itu pertanda stadium berat.
Meski bagi kebanyakan orang, penyakit mimisan tidak terlalu berbahaya. Tapi, perlu anda sadari jika terus menerus dapat berefek yang lebih besar lagi terhadap diri anda.

Mimisan juga dapat mengakibatkan komplikasi seperti :

Terjadinya syok dan mengalami anemia, disebabkan keluarnya pendarahan yang cukup banyak karena terlambatnya penanganan mimisan.
Jika terjadi anemia dikarenakan mimisan maka berakibat kerja jantung semakin berat sehingga memicu terjadinya pembengkakan di jantung.
Tekanan darah yang menurun karena pendarahan yang cukup banyak.

Cara Mengatasi Mimisan atau Epistaksis

  • Dudukkan anak, agar hidung lebih tinggi dari jantung. Jangan tidur telentang sebab aliran darah ke hidung bertambah deras dan darah dapat tertelan ke belakang.
  • Bungkukkan badannya ke depan sedikit, lalu beri instruksi agar bernafas dari mulut.
    Tekan cuping hidung selama kurang lebih lima menit.
  • Pada hidung anak bisa diberikan kompres dingin untuk memperlambat aliran darah ke hidung.
  • Bila setelah lima menit mimisan belum berhenti, tekan lagi cuping hidung selama 10 menit.
  • Jika masih tetap berdarah, bawalah anak ke rumah sakit terdekat.
    Jangan lupa, akan lebih baik setelah melakukan pertolongan pertama, segera konsultasikan kondisi ini pada dokter.
  • Gunakan daun srikaya atau bisa juga dengan menggunakan daun sirih yang sudah dibersihkan kemudian digulung  dan masukkan ke dalam lubang hidung untuk menyumbat mimisan.
Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini