Persiapan : 5- 15 min
Memasak: 3 hr 120 min
Siap dalam: 2 hr 50 min

Ada berjibun ide Unlabeled yang bisa bunda buat di rumah seperti camilan, santapan maupun terlebih lagi buat dijual. Kali ini, kita hendak coba untuk Resep Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan) yang dipastikan nggak ruwet dan juga gampang banget dibuat.

Advertisement

Bahan bahan yang Anda perlu sediakan pula bisa bunda temukan dengan begitu gampang. Selanjutnya keterangan selengkapnya tentang Resep Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan) yang wajib Kalian tahu. Tinjau selengkapnya di bawah ini!

Kali ini MataWanita akan membagikan resep Resep Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan).

Bahan-bahan Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan)

  1. Bahan Pempek :
  2. 750 ml Air (250 ml u adonan, 500 ml u saus cuko)
  3. 2 sdt Garam
  4. 125 gr Tepung Segitiga Biru
  5. 5 butir Telur (3 btr u isian, 2 butir u kulit pempek)
  6. 200 gr Tepung Tapioka
  7. 1 1/2 sdt Kaldu bubuk
  8. Bahan cuko :
  9. 200 gr Gula Merah
  10. 100 gr Gula Pasir
  11. 3 sdm Cuka
  12. 8 siung Bawang Putih
  13. 5 bh Cabai rawit merah
  14. 3 bh Cabai merah keriting
  15. 1 1/2 sdm ebi kering

Cara membuat Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan)

  1. Ambil 3 butir telur, kocok lepas. Sisihkan.

  2. Siapkan panci kecil, masukkan 250 ml air, 2 sendok teh garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga air mendidih, aduk hingga bahan larut.

  3. Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk cepat dengan menggunakan spatula. Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga agak hangat.

  4. Tuangkan adonan tepung yang telah hilang uap panasnya tetapi masih sedikit hangat ke dalam mangkuk mixer, tambahkan 2 butir telur kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik dan tidak ada gumpalan adonan yang kasar.

  5. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus dimixer, lalu diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket

  6. Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong, bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan.

  7. Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi kocokan telur.

  8. Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi kocokan telur. ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.

    Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan) langkah memasak 8 foto
  9. Setelah semua adonan selesai dibentuk, siapkan air mendidih. Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Rebus kurang lebih 20-30 menit.

    Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan) langkah memasak 9 foto
  10. Membuat saus cuko: Siapkan panci kecil, masukkan 500 ml air, aneka gula, bawang putih, ebi kering, aneka cabai dan 1/2 sdt garam. Masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan cuka ke dalamnya. Aduk rata dan cicipi rasanya.

  11. Penyajian: Potong-potong pempek yang telah digoreng, tata di mangkuk atau piring dan siram dengan saus cuko. Bisa juga dilengkapi dengan rajangan ketimun. Sedep beneerr

    Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan) langkah memasak 11 foto

Resep ini pertama kali dipublish di Cookpad pada 2016-01-21 04:37:46 oleh Ade Irene

Sumber : Cookpad.com

Demikian resep terbaik memasak Resep Pempek dos Ny. Liem ( tanpa ikan), mari dipraktekkan dirumah kamu dengan memperhatikan keseluruhan bahan bahan beserta tahapan secara terperinci.

Ingat untuk dibookmark blog MataWanita.com ini sehingga kamu bisa dengan mudah kembali kesini andaikata terdapat yang terlupa atau ingin mencari inspirasi resep menarik yang sesuai. Ataupun tinggalkan email bunda, supaya dapat senantiasa mendapati pembaharuan resep terbaru dari saya.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini