Types Of Games For Babies Ages 7 To 9 Months
Types Of Games For Babies Ages 7 To 9 Months

Perkembangan bayi memang sangat penting untuk diperhatikan dalam rangka mengetahui pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usia bayi. Perkembangan bayi berkaitan dengan kemampuan motorik, kognitif, serta perseptual bayi.

Proses pertumbuhan bayi akan semakin meningkat pada usia 0 hingga 6 bulan. Oleh karena itu, hal tersebut harus didukung dengan media / alat / cara yang mampu membuat pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi lebih optimal. Salah satunya ialah dengan mengajaknya bermain.

Advertisement

Mainan Bayi Usia 0 hingga 6 Bulan

Manfaat mainan ialah mampu memberikan rangsangan pada anak sesuai dengan usianya. Mungkin Anda pernah berpikir bahwa bayi dengan usia 0 hingga 6 bulan masih belum dapat bermain. Namun, hal tersebut sebenarnya salah. Bayi tentu saja dapat bermain. Namun, permainan bayi tidak hanya melibatkan alat berupa mainan saja, tetapi juga dapat bermain dengan Anda. Hal tersebut menjadi salah satu cara yang dapat diberikan kepada anak pada usia 0 hingga 6 bulan. Berikut ini merupakan mainan bayi usia bayi 0 hingga 6 bulan :

  1. Permainan Cilukba
    Saat bayi baru lahir, permainan yang dapat diberikan ialah yang melibatkan Anda sebagai orang tua. Salah satunya ialah dengan bermain cilukba. Saat awal perkembangannya, tiga kegiatan yang telah dikuasai oleh bayi yakni melihat, menoleh, serta mengamati. Hal tersebut disebabkan karena leher, badan, kepala dan kaki pada usia 0 hingga 3 bulan masih belum kuat sempurna. Sehingga permainan yang dapat dilakukan hanya sebatas oleh penglihatan dan juga pendegaran.
  2. Permainan Suara
    Kerincingan serta goyang – goyang bisa menjadi salah satu hal yang disenangi oleh anak Anda. Pandangan pada suara gemericing bahkan sangat disenangi oleh bayi. Bayi dapat mencari sumber suara serta mengamati kegiatan yang menyenangkan. Tidak hanya itu, permainan yang dpat dilakukan oleh bayi usia 0 hingga 6 bulan ialah tangan yang ditabuh seperti sedang menggebuk drum. Anda sesekali dapat memberikan suara saat bayi sedang memukul – mukul tubuh sehingga ia akan merasa senang untuk melakukan kegiatan tersebut.
  3. Bermain Bola
    Saat memasuki usia 3 hingga 4 bulan, anak Anda telah tertarik dengan warna yang mencolok serta kemampuan untuk memasukan mainan ke dalam mulutnya. Anda dapat memilih mainan yang aman untuk bayi dan tidak membuatnya menjadi terluka karenanya.
  4. Bermain Komunikasi
    Saat memasuki usia 3 bulan, respon bayi akan semakin bertambah baik bahkan telah memiliki kemampuan gumaman. Pada periode ini, Anda dapat mengajaknya untuk melakukan komunikasi. Anda dapat memberikan kesempatan kepada anak Anda untuk merespon meski hanya menggunakan beberapa suara dan gerakan. Kemampuan untuk mengobrol dengan bayi dapat dilakukan oleh ibu maupun keluarga atau pengasuh bayi.
  5. Mainan Gantung
    Mainan gantung disenangi oleh bayi yang berusia 0 hingga 6 bulan. Dengan mainan gantung, kemampuan bayi dalam melihat dan mendengar akan semakin meningkat. Tidak hanya itu, permainan yang bisa dilakukan oleh anak Anda ialah bermain cermin. Dengan melihat refleksi dari cermin, maka anak akan merasa senang sekali.
  6. Memperkenalkan Buku Bacaan
    Anda dapat mengenalkan sejumlah buku bacaan yang berisi berbagao gambar warna – warni. Meski anak tidak begitu memahaminya, namun ia dapat melihat serta mendengar apa yang sedang dimaksudkan. Hal tersebut juga mampu memberikannya pengetahuan tentang berbagai warna yang menarik.

Silakan ibu mempraktekkan mana diantara 6 mainan bayi usia 0 hingga 6 bulan tersebut, bisa Anda mainkan semua, atau pilih salah satu yang paling cocok.

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini